Saturday 9 March 2019

CARA MUDAH MEMPOSTING SURAT UNDANGAN FORMAT MS WORD ATAU MS EXCEL DI BLOG

Memiliki suatu berkas dokumen undangan atau surat - surat lain dengan format ms word atau ms excel dan ingin memposting dokumen tersebut tetapi tidak dalam bentuk foto atau pdf merupakan hal yang mutlak harus diketahui para penulis website atau blogger pemula.

Keinginan nulis artikel ini sebetulnya muncul ketika saya melihat kolom komentar seseorang di salah satu forum sosial media yang bertanya tentang hal tersebut. lantas saya mencoba mengetikan kata kunci pertanyaan tersebut di pencarian google. tetapi tidak muncul artikel yang membahas hal tersebut. dari situ saya berfikir untuk sedikit berbagi cara yang biasa saya pakai ketika memposting sebuah dokumen berformat ms word atau excel kedalam blog.

Disini saya menggunakan contoh berkas undangan ms word lama yang ada di laptop (hanya untuk contoh saja). dan lanjut untuk memposting berkas surat undangan kedalam postingan blog berikut langkah - langkahnya.

Pertama

Buka dokumen ms word atau excel anda. setelah itu klik F12 pada keyboard. akan muncul kotak dialog. lalu pilih menu Save As Type. selanjutnya akan terbuka Pop up pilihan jenis format dan pilih Web Page, Filtered seperti contoh gambar berikut yang saya tandai arah panah merah. pilih lokasi penyimpanan sesuai selera anda. asal mudah di cari lokasi berkasnya.

Kedua

Setelah itu cari berkas yang sudah anda simpan dengan format Web Page tadi. kalau sudah ketemu klik kanan berkas tersebut. pilih Open With akan muncul tab pilihan tentukan sesuai browser yang anda gunakan. kalau saya pribadi menggunakan google chrome. dan setelah memilih browser anda akan langsung di arahkan pada jendela browser tersebut. kemudian klik kanan. pada pop up pilih Lihat suber halaman atau lebih mudahnya tekan Ctrl + U pada keyboard.

Ketiga

setelah menekan Ctrl + U anda akan di atrahkan ke halaman baru browser. dan di sini anda dihadapkan pada coding HTML. kemudian blok dan copy kode yang ada tepat di bawah kode <div .class=Section>  seperti gambar berikut yang saya beri kotak merah.


Sampai dengan


Intinya kode yang kita blok dan copy letaknya berada di bawah kode <div class sampai di atas kode </div>

Keempat

Selanjutnya anda buka entri baru atau entri yang sudah anda buka sebelumnya untuk menulis sebuah postingan. setelah itu beralih atau pilih mode tulis HTML. dan letakkan kode yang sudah anda copy tadi di antara kode <br /> atau di bawah kode tersebut. kode <br /> tersebut merupakan kode spasi jika kita menulis di mode compose.

Kelima

Setelah kode terpaste. kemudian beralih atau klik mode compose. dan undangan sudah siap di publish. anda bisa mengatu tulisan undangan seperti halnya menulis biasa. sebelumnya rapikan dan pratinjau dulu sebelum di publikasikan.



Selesai, sampai disini anda sudah berhasil membuat postingan berupa undangan yang bisa anda edit sesuai keinginan. untuk menerapkannya pada dokumen ms excel bentuk tulisan atau tabel caranya sama saja seperti di atas. terimakasih semoga bermanfaat.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments