Friday 3 March 2017

4 CARA MUDAH MERAPIKAN KETIKAN DI MICROSOFT WORD

Apa kabar, di sela kesibukan yang lumayan padat, serta cuaca yang susah di tebak yang mempengaruhi semangat dalam beraktifitas saya ingin berbagi sedikit tentang cara merapikan huruf yang berantakan pada lembar kerja Microsoft Word agar menjadi rapi dan mudah di pahami oleh banyak pembaca tentunya.

Dalam setiap kegiatan ketik - mengetik Dokumen, bukan hanya penguasaan kecepatan jari pada keyboard saja yang di butuhkan, tetapi segi kerapian pun harus di pertimbangkan untuk hasil yang maksimal agar karya ketik Dokumen anda mendapat nilai plus dari si pembaca khususnya.

CARA MERAPIKAN KETIKAN MS-WORD

Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut cara merapikan huruf pada Microsoft Word simak langkah - langkah dibawah ini ;

Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah membuka Microsoft Word >> Seperti biasa, klik start (di pojok bawah).

Selanjutnya arahkan mouse pointer pada All Program >> scrol ke bawah dan cari folder Microsoft Office Word, setelah Dokumen Word terbuka, selanjutnya anda ketikan Dokumen pada lembar kerja Microsoft Word.

Periksa penggaris lembar kerja, kalau belum muncul, silahkan arahkan mouse pointer di menu View. selanjutnya akan ada banyak menu group yang tampil. periksa apakan sudah berada pada mode Print Layout, jika belum..!! silahkan anda klik menu Print Layout, selanjutnya cari menu Ruler (letaknya pada group menu show/hide pada View) kemudian anda beri centang. dan lembar keja anda sudah menampilkan ruler.



Cara Kesatu

Dan lanjut pada lembar kerja dokumen, setelah ketikan anda sudah terketik. entah itu hasil dari ketik manual ataupun hasil dari copy paste.

Lanjut blok semua huruf atau (Ctrl + A) pada keyboard, dan pada saat posisi tulisan terblok. arahkan mouse pointer anda ke group menu Paragraph dan pilih Justify, atau bisa juga dengan menekan (Ctrl + J) pada keyboard, untuk memposisikan huruf rata kanan dan rata kiri.

Cara Kedua

Kemudian atur paragraf, dengan cara mengklik setiap awalan paragraph. dan arahkan mouse pointer anda ke ruler atas >> klik kiri mouse pointer lalu tahan first line indent (icon arah bawah) serta seret agak ketengah sebagai tanda awal paragraf.


Cara Ketiga

Setelah paragraf terlihat rapi, selanjutnya kita atur jarak line space nya agar tulisan terlihat renggang dan mudah di baca.

Awali dengan memblok semua huruf atau (Ctrl + A) pada keyboard, kemudian arahkan mouse pointer pada group menu paragraph lagi, dan cari menu Line Spacing. pilih jarak sesuai kebutuhan anda.


Cara Keempat

Gunakan Tabel jika anda ingin memaksimalkan kerapian, bagi anda yang belum mengerti cara membuat tabel bisa baca postingan saya tentang Cara Membuat Tabel di Microsoft Word , seperti contoh di bawah, saya menuliskan nomor undangan pada tabel.

Cara ini sering saya pakai untuk membuat undangan atau membuat list daftar yang mengandung space terlalu banyak, intinya dengan cara ini kita membentuk kerangka rumah untuk huruf dan nomor atau karakter lain, setelah kita selesai membuat kerangka seperti gambar di atas yang sudah terisi ketikan, barulah kita hidden atau sembunyikan kerangka rumah tersebut, untuk menghiddennya lakukan dengan cara klik bagian pojok atas tabel (tanda panah empat arah), hingga keseluruhan tabel ter blok, setelah itu klik menu All Border yang letaknya disebelah group menu Paragraph pada tab menu Home atas, kemudian klik >> maka akan muncul tab pilihan dan pilih No Border, maka hasilnya seperti gambar dibawah.

Sampai disini saya rasa anda sudah berhasil merapikan ketikan huruf pada Dokumen Microsoft Word, terimakasih telah berkunjung, sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments

4 komentar

Keren gan, kunjungi juga www.carimul.com untuk informasi tekno lainnya

Bermanfaat banget, terima kasih gan

Mudah di mengerti untuk cara ini