Tuesday 31 January 2017

CARA CEPAT AGAR ARTIKEL BLOG BLOGGER MUNCUL DI PENCARIAN GOOGLE

Setelah membuat blog serta mendisainnya dengan cantik dan menulis beberapa artikel postingan yang cukup memakan waktu dan fikiran. Setelah itu di uji dengan mengetikkan di pencarian Google namun masalah yang terjadi postingan kita tidak muncul. Mungkin kejadian seperti itu sangat memusingkan bagi kita. 

Sebenarnya Google suatu saat pasti akan memunculkan postingan kita di pencarian Google, tapi hal tersebut membutuhkan waktu lama karena Google merayapi artikel dengan kode kode satu persatu pada Web blog kita. oleh karna itu banyak orang bertanya bagaimana memunculkan postingan di Google dengan cepat? Semoga dengan membaca artikel ini masalah anda tersebut terpecahkan. 

Google itu ibarat Robot pemantau dan Blog anda ibarat pekerjaan rumah, jadi kesimpulannya Robot Google akan memantau setiap pekerjaan rumah anda. Kalau rumah anda tertata dalam penempatan widget dan blog anda menghasilkan beberapa karya artikel berkualitas serta teratur. maka pemantau Robot google akan sesering mungkin berkunjung ke rumah anda. berikut beberapa cara efektif agar google cepat mengindex artikel kita.

1.  Aktif Ngeblog.

Hal pertama yang harus selalu kita lakukan adalah aktif menata sebaik mungkin blog kita dan sesering mungkin update dari segi pemostingan artikel minimal sebulan 2 kali posting, meletakkan widget sesuai standart google, sehingga pengunjung akan betah berlama lama di situs kita, dan dari pengunjung yang berlama - lama mampir disitus kita itu, akan membuat gogle aktif merayapi situs.

2.  Cara yang kedua dengan mendaftarkan Blog di Webmaster Tool.

Untuk mendaftarkan blog di https://www.blogger.com/go/webmastertools atau langsung masuk ke blog anda> pilih setelan> prefensi penelusuran> di bagian perayapan pilih Google Search Console dan klik edit, maka secara otomatis anda di arahkan ke halaman baru di webmaster tool, untuk mendaftarkannya langkah- langkahnya sebagai berikut : 



→ Pada halaman Home Webmaster Tool, pilih Tambahkan properti, selanjutnya masukkan Url Blog anda,

Ingat..!! Url jangan sampai keliru eja. Misal :
https://example.blogspot.com dengan http://example.blogspot.co.id beda. 

Atau

Https://www.exampel.com dengan http://example.com juga beda. 

Jadi link harus sama dengan yang ada di halaman home website atau blog kita. kalau salah masukin url maka link postingan artikel yang akan kita fetch as google atau konfirmasi index akan di abaikan oleh robot google.

ALTERNATIF

Kesalahan memasukkan Url memang bisa terjadi oleh siapapun. dan hal semacam itu bisa kita atasi dengan Menambahkan Properti Url domain lagi dengan beberapa akar link yang ada di home Page situs anda. 

Misal saya menambahkan Url Properti Domain ke Google Webmaster saya berjumlah 3 macam jenisnya dan 1 (satu) Properti Domain.

Url Properti Domain;
Http:namabloganda.blogspot.com
Https:namabloganda.blogspot.com
Http:namabloganda.blogspot.co.id

Dan satu Properti Domain :
namabloganda.blogspot.com

Lanjut. Jika sudah memasukkan link web blog. Lalu klik tambah atau submit, 

→ Setelah itu klik link berwana biru atau foto situs halaman utama blog bentuk persegi, seperti contoh gambar di atas.

→ Anda akan di alihkan ke pesan yang intinya meningkatkan keberadaan situs anda dimata Google search, selanjutnya pilih menu perayapan yang letaknya di bagian pilihan dasbor, seperti gambar bawah ini.

TAMBAHKAN PETA SITUS

Setelah berhasil membuat beberata Url atau Properti Domain, Selanjutnya adalah membuat Peta situs di setiap Url Properti Domain.

Jika contoh diatas saya mempunyai 3 (tiga) Url Properti Domaian, berarti saya harus memberi Peta Situs di setiap Url Properti Domain. 

Cara Menambahkan Peta Situs atau Sitemap pada Url Properti Domain ;

→ Menuju ke bagian menu peta situs, letaknya di bagian tab menu perayapan. selanjutnya Tambahkan Peta Situs

  • Untuk memasukan di kolom Tambahkan Peta Situs silahkan masukkan kode – kode berikut satu per satu.
    /atom.xml
    /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
    /feeds/posts/default?alt=rss
    /feeds/posts/default?orderby=updated
    /rss.xml

     
     Jadi kode tersebut hasilnya seperti di bawah ini.


→ Selanjutnya menuju ke menu Fetch as Google pilih ambil sebagai Google. setelah itu masukan Url artikel tanpa nama Url alamat Blog utama. seperti contoh gambar di bawah ini. yang saya beri coretan hitam tidak usah di masukkan.


Tujuannya ialah mempercepat pengindexan google terhadap artikel baru kita. Agar paling tidak kita memberi tahu kepada Google tentang artikel terbaru Blog kita. 

3. Optimasi blog kita ke Google + atau perbanyak akses ke google

Mungkin Google plus atau akses - akses Google lainnya bisa jadi merupakan alternatif yang perlu anda coba, pasang widget Google plus di blog anda, karna setiap klik pengunjung blog yang mengarah ke Google plus akan memberi nilai plus bagi keberadaan Blog anda. 

Cara – cara di atas mungkin yang paling saya sarankan di antara cara yang lainnya, karna pengalaman selama ngeblog. Jika Blog kita terlalu banyak settingan yang menumpuk akan berakibat Robot Google kebingungan merayapi Blog kita.


 Sekian artikel dari saya, semoga berhasil dan bermanfaat bagi blog anda.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments