Tuesday 19 March 2019

2 CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN BROSUR DI MS WORD SECARA MANUAL DAN OTOMATIS

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas pembahasan cara membuat brosur pada dokumen ms word dengan mudah dengan beberapa cara.

Pada umumnya banyak orang memanfaatkan brosur sebagai media penyampaian suatu informasi atau berita yang disebarkan berupa selembaran dokumen fisik. selain itu pemberian suatu gambar unik biasanya di tambahkan pada suatu brosur agar terlihat lebih menarik bagi penerima selembaran brosur yang tujuannya agar penerima brosur tersebut merasa penasaran ingin menyimak lebih dalam tentang informasi selembaran tersebut.

Selain menggunakan aplikasi adobe photoshop, microsoft publisher dan coreldraw. pembuatan brosur juga bisa di lakukan di ms office word dengan 2 (dua) cara yaitu, secara manual dan menggunakan template bawaan. langsung saja di bawah ini merupakan langkah cara - cara pembuatannya.

SECARA MANUAL

1. Mengatur Ukuran

Cara yang pertama kita bisa membuatnya dengan manual. setelah lembar kerja ms word terbuka selanjutnya lakukan seleksi ukuran yang ingin anda terapkan. dalam kasus contoh saya memakai ukuran A4 saja. selain itu bentuk potrait atau landscape anda tentukan juga.

Pada contoh dibawah saya menggunakan mode landscape. dan magrin saya kurangi menjadi 1 cm merata. serta membuat 2 (dua) sisi kolom agar nantinya brosur bisa dilipat.


2. Mengatur Background

Selanjutnya mengatur warna page atau lembar kerja. lakukan dengan memilih menu Page Layout kemudian pilih menu Page Color yang terletak di group menu Page Background. maka akan keluar popup beberapa menu untuk background. dalam contohnya saya memilih Two Color dan warna saya bedakan agar terkesan terang dan redup. contoh gambar dibawah yang saya lingkari merah adalah langkah  langkahnya. anda bisa menentukan warna yang berbeda sesuai selera kebutuhan.


3. Memberi Garis Tepi

Garis tepi dibuat kadang kala dengan maksud sebagai tanda suatu ukuran agar serasi dalam menempatkan suatu objek atau tulisan. untuk membuatnya pilih menu Page Layout yang berada di pita menu ribbon bagian atas. lalu sorot menu Page Border yang berda di menu group Page Background. pada contoh ini saya menggunakan type Border Box dimana border akan melingkari halaman secara terukur.


4. Membuat Garis Pemisah 2 Sisi

Pembuatan garis ini dimaksudkan agar kedua sisi bisa dibedakan. untuk membuatnya sorot menu Inset sebelah ribbon atas. kemudian pilih menu Text Box yang letaknya di group menu Text. selanjutnya muncul tab pilihan. klik atau pilih menu Draw Tex Box paling bawah. contoh gambar saya beri petunjuk panah merah. 


Letakkan di area sisi pertama dan kedua. dengan cara mendrag atau mengklik tahan seperti no 1 (satu) serta seret mouse pointer sampai ke sisi ujung no 2 (dua). contoh gambar dibawah sudah saya beri arah panah serta nomornya.


Ulangi langkah tersebut di area kolom sebelahnya sehingga terbentuk 2 ( dua ) kolom. setelah itu hilangkan warna shapenya dengan cara memilih menu Format yang terletak di sebelah ribbon atas lalu sorot menu Shape Fill kemudian pilih No Fill. 

Jika ingin memberi warna garis anda tinggal mengubahnya di menu Shape Outline yang letaknya di bawah menu Shape fill.


5. Memberi Objek Untuk Tulisan

Dalam kasus contohnya kita mencoba membuat brosur promosi jasa pembuatan banner, pembuatan kartu nama, foto copy dan lain - lain yang berhubungan dengan dunia pengetikan. maka dari itu kita perlu membuat judul. dan judul menarik itu biasanya di letakkan di atas objek.

Untuk pembuatan objek sederhana pilih menu Insert yang letaknya di pita menu atas lalu cari dan pilih menu Shapes yang terletak di group menu Ilustration. setelah itu akan muncul tab menu beberapa bentuk shapes. silahkan pilih sesuai kebutuhan. seperti contoh gambar dibawah ini.


Langkah membuatnya sama seperti pembuatan Text box yaitu mendrag mouse pointer atau mengklik tahan lalu seret. pada contohnya saya memilih model shapes flowchart, terminator. setelah terbentuk objek. berikan warna objek dengan mengklik objek maka otomatis lembar kerja berada pada mode menu Text Box Tool dan pilih menu Format yang ada di ribbon menu atas.

Selanjutnya pilih menu Shape Fill untuk pemberian warna objek dan Shape Outline untuk pemberian warna garis objek.  hasilnya seperti dibawah ini.


Setelah itu memberi tulisan pada objek dengan cara mengklik kanan mouse pointer. lalu pilih Add Text. lakukan cara ini setiap kali anda akan memberi tulisan pada objek lain agar tulisan mudah di atur.

6. Merubah Bentuk Gaya Tulisan

Ulangi langkah ke lima untuk pembuatan objek tulisan isi brosur mulai dari jenis kebutuhan isi tulisan brosur seperti kontak atau jenis penawaran. selain itu anda juga bisa merubah bentuk tulisan agar terlihat menarik dengan cara memilih menu WordArt yang terletak di pita menu Insert bagian group menu Text. setelai itu akan terbuka beberapa macam bentuk gaya huruf. silahkan pilih sesuai keinginan.


7. Memberi Foto atau Logo

selain menambahkan beberapa tulisan. anda juga bisa menambahkan sebuah logo berupa foto. caranya sama dengan langkah nomor 5. buat objek lingkaran atau bentuk lainnya sesuai keinginan. setelah itu klik objek dan setelah itu pilih menu Picture di bagian group menu Ilustration. lokasinya terletak di menu Insert sebelah ribbon atas. pada contoh gambar dibawah saya memasukkan logo sederhana.


Jika ingin menghilangkan warna shape. tinggal mengklik menu Format bagian ribbon atas yang muncul. kemudian rubah Shape Fill nya menjadi No Fill.

8. Memberi Objek SmartArt

Kalau dirasa bentuk objek kurang menarik dan anda ingin tampilan yang lain. anda bisa menggunakan objek smart art. caranya dengan memilih menu Insert pada ribbon atas. lalu pilih menu SmartArt di bagian group menu Ilustration. akan muncul beberapa bentuk gabungan objek grafik yang sudah jadi atau di rangkai. tinggal pilih sesuai kebutuhan brosur. 

Tetapi sebelum membuant grafik semart art. anda harus terlebih dahulu membuat objek dengan Draw Text Box seperti langkah nomor 4 (empat) diatas. tujuannya agar grafik smart art tidak berubah posisi berantakan serta mudah di atur.

Dan setelah grafik smartart di buat barulah anda hilangkan warna shape atau hasil pembuatan Draw Text Box tadi. dengan cara memilih menu format bagian ribbon atas lalu rubah Shape fillnya menjadi No Fill dan di bagian Shape-Outline nya menjadi No Outline. tujuanya agar hanya tampilan grafiknya saja yang nampak.

Selain itu anda juga bisa merubah warna dan ukuran grafik. caranya sama seperti pengaturan shape yang sebelumnya. contoh gambar di bawah ini merupakan hasil penambahan objek smart art.

9. Merubah Background Dalam

Salah satu hal yang menjadi daya tarik suatu brosur biasanya adalah penambahan Background. entah dari hasil edit photoshop ataukah dari mendownload. 

Untuk menambahkannya tinggal mengklik sisi area kolom yang ingin di tambahkan warna dasar. setelah itu ulangi seperti langkah nomor 7 (tujuh). tetapi disini kita tidak usah membuat objek lagi karena kita sudah membuat objek kolom pada langkah nomor 4 (empat) tadi.


Mungkin contoh brosur diatas kurang menarik desainnya. maklum saya tidak pandai dalam hal membuat model desain menarik. tetapi setidaknya langkah - langkah diatas bisa membantu anda membuat gaya brosur yang lebih bagus sesuai gaya anda.


MEMANFAATKAN TEMPLATE BAWAAN

Selain dengan cara manual. pembuatan brosur di Microsoft Word bisa di lakukan dengan cara otomatis atau memanfaatkan Template bawaan. cara ini sering di gunakan ketika kita tidak mau repot - repot mengutak atik membuat desain brosur. pada praktiknya saya menggunakan Ms word versi 2016. langsung saja berikut langkah - langkah pembuatannya.

1. Mendownload Template

Pertama, setelah lembar kerja ms word terbuka. lakukan pengaturan seleksi ukuran serta bentuk model Orientationnya di menu Page Layout sebelah ribbon atas.

Setelah itu lanjut mensorot menu File sebalah pojok atas. kemudian muncul jendela baru. pilih New dan pada kotak pencarian isikan Brochure. maka semua template yang berhubungan dengan brosur akan muncul. gambar dibawah saya beri tanda nomor 1 (satu) warna merah.

Langkah selanjutnya tinggal menyeleksi pilihan sesuai selera anda. setelah pilihan sudah ketemu lakukan klik pada template maka akan muncul keterangan jenis template. untuk mengunduhnya pilih menu Create. pada gambar dibawah saya beri tanda nomor 2 (dua) warna merah.


2. Memberi Logo

Memberi logo pada template brosur sama halnya seperti secara manual. pada sahape logo anda hapus gambar yang ada. pada kasus contoh gambar template dibawah area logo yang saya lingkari merah nomor 1.

Setelah itu gantikan dengan logo milik anda dengan cara mengklik shape logo dulu baru arahkan mouse pointer ke menu Insert sebelah ribbon atas. kemudian pilih Picture. maka akan muncul popup yang menyuruh anda menentukan lokasi file gambar pada penyimpanan PC anda.


3. Memberi Tulisan

Pada contoh gambar diatas merupakan beberapa desain brosur yang sudah jadi. kita hanya tinggal mengisi tulisan sesuai kebutuhan brosur. caranya sama seperti memberi tulisan pada objek shape. yaitu mengklik objek lalu klik kanan mouse pointer dan pilih Add text. pada contohnya saya memilih template Modern Brochure. dibawah ini merupakan hasil penambahan tulisan pada template beosur.


Untuk arah panah nomor 1 (satu) merupakan area Header. anda bisa menambahkan tulisan perusahaan disitu.

Dan untuk arah panah nomor 2 (dua) merupakan area footer. dimana anda bisa menambahakan tahun atau jalan lokasi perusahaan dan lain - lain.

Selesai sampai disini postingan kali ini tentang cara membuat brosur di microsoft word. semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat ataupun sebagai pengingat. terimakasih sampai jumpa di lain artikel.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments

2 komentar

Cukup menarik... layak dicoba bagi yg tdk meliki aplikasi khusus desain

This comment has been removed by the author.