Tuesday 17 September 2019

BELAJAR CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUM FORMULA DI MS EXCEL

Sebelumnya saya sudah membagikan tentang cara menjumlahkan di excel dengan pembahasan dasar pengenalan yang sederhana, dan pada kali ini kita akan belajar sedikit lagi tentang Excel Sum Formula yang fungsinya menemukan total suatu angka pada baris tabel.

Untuk memulai langkah praktik, alangkah baiknya kita pahami istilah - istilah yang sering muncul dalam penggunaan rumus pada Ms Excel. diantaranya kata SYNTAX istilah ini sering dipergunakan para pengkoding untuk memanggil fungsi atau dengan kata lain cara kita menulis kode yang diawali kode perintah pengenalan ( = ) sehingga rumus dapat befungsi karena sudah mengenali perintah dengan adanya tanda (sama dengan).

Dalam prakteknya kita mengambil contoh sederhana saja. untuk itu silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini atau jika anda punya gaya daftar tabel sendiri silahkan anda pakai asal maksudnya sama.


Tabel diatas adalah contoh daftar penjualan produk, nama produk saya buat simple agar tidak menyangkut identitas suatu perusahaan lain.

Fungsi dari pada SUM yaitu menemukan total suatu angka. untuk itu lakukan klik pada kolom B15, selanjutnya tuliskan =SUM(D4:D13) pada menu bar letaknya sebelah atas seperti gambar dibawah yang saya beri tanda panah. fungsi menu bar ialah memudahkan dalam penulisan dan editnya. terakhir tekan enter pada keyboard. maka akan terlihat jumlah total angka.



Keterangan :
  • Kode perintah fungsi adalah
  • SUM adalah kode pengenalan perintah
  • Buka kurung dan tutup kurung fungsinya membatasi kode SUM agar tidak salah arti.
  • D4 merupakan target cell awal kita menyorot data dan D13 target batas akhir kita menyorot cell data untuk di input total nya.
  • Penggunaan titik dua (:) adalah sebagai pemisah target cell yang kita sorot.

Anda juga bisa menambahkan tanda $ untuk mengunci cell agar tidak berubah hasilnya. cara penulisan untuk penambahan kunci rumus contoh diatas adalah =SUM($D$4:$D$13)

Nah, sampai disini apakah anda ingin tahu kelanjutan tutorial rumus fungsi excel lainnya? untuk pembahasan lanjutan rumus excel SUM ke SUMIF anda bisa baca tutorial saya sebelumnya tentang Rumus Sumif Excel, terimakasih semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments