Wednesday 20 March 2019

CARA MENJUMLAHKAN DI EXCEL DENGAN RUMUS FUNGSI

Topik artikel pada kali ini saya ringkas dengan judul cara menjumlahkan di excel, tetapi isi ulasan kita perlebar tentang membahas cara dasar menjumlah, mengurangi, perkalian dan pembagian dengan menggunakan rumus di microsoft excel, pengoptimalan belajar excel bukan tentang cell baris dan cell kolom terus - menerus, melainkan ilmu rumus juga wajib anda pelajari karena nantinya akan sangat berguna untuk pekerjaan anda.

Jika anda berencana memulai pekerjaan pada bidang administrasi simpan pinjam, administrasi perdagangan dan administrasi pemerintahan atau yang sejenisnya, artikel ini sangat cocok untuk pembelajaran dasar anda, karena rumus penjumlahan dasar ini pasti berguna dan ada dalam pekerjaan tersebut. untuk itu simak tahap penjelasan dibawah yang sudah saya kemas dengan contoh disertai gambar agar mudah dimengerti.

1. PENGERTIAN RUMUS

Rumus merupakan kumpulan jenis karakter kode yang berbeda - beda untuk menemukan hasil jawaban kata, hasil angka atau total pada sel, anda bisa menjalankan kode tersebut pada menu bar atau langsung mengetikan kode pada sel baris atau kolom dengan di awali kode perintah ( = ) disinilah peran rumus perintah, dia yang bekerja mengenali kode sehingga kode bisa dibaca oleh sistem, berikut adalah kode-kodenya.
  • +  (plus adalah kode perintah penjumlahan)
  • -  (minus adalah pengurangan)
  • *  (bintang dalah perkalian)
  • /  (garis miring adalah pembagian)


2. CARA MENJALANKAN

Setelah berbekal pengertian kode diatas, anda tinggal menjalankannya pada cell ms excel, contoh dibawah adalah penjumlahan dengan kode +
  • Tuliskan kode perintah =2+3 pada sel, setelah itu tekan Enter pada keyboard, maka hasilnya akan muncul pada sel tersebut, seperti pada contoh cell B2 diatas.

Begitupun dengan pengurangan, perkalian dan pembagian. untuk menjalankannya anda tinggal merubah kode rumusnya.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang tutorial belajar rumus Microsoft Excel, bisa di lihat pada postingan saya tentang Excel Sum Formula . terimakasih telah berkunjung, semoga apa yang saya tulis diatas dapat bermanfaat bagi pekerjaan anda, terimakasih.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments