Friday 14 October 2022

CARA MERUBAH DOKUMEN MICROSOFT WORD MENJADI PDF SECARA MUDAH DAN CEPAT

Bagi beberapa kalangan Administrasi Perkantoran atau sebuah Instansi. membuat lembar kerja Microsoft Word menjadi file PDF sangat penting, fungsinya terutama untuk penyebaran undangan melalui email atau sebagai ebook/ buku.

Selain itu, di jaman yang serba modern ini, sudah banyak perangkat elektronik yang mendukung dokumen berformat PDF. mulai dari lembaga Pemerintahan, Perkoperasian, Pendidikan dan sejenisnya semua tidak luput dengan dengan yang namanya Dokumen PDF.

Portable Document Format atau yang dikenal PDF sendiri sifatnya sebagai wadah penyimpanan berkas Dokumen untuk meminimalkan perubahan isi Dokumen tersebut, atau intinya merubah menjadi seperti gambar. untuk langkah – langkah pembuatannya akan saya terangkan di bawah dengan cara yang mudah dipelajari.

Pada praktik kali ini, saya menggunakan Microsoft Word 2013, tetapi pada dasarnya pada type Microsoft Word 2007 atau versi di atasnya hampir sama letak pengaturannya, hanya saja dari segi tampilan yang agak berubah dan Anda perlu memilih
Save as lalu Find Add-Ins For Other Format.

Tetapi jika menggunakan Microsoft Word 2007, Anda tidak bisa menggunakan Convert ke PDF langsung atau kasus lain jika pada menu Find Add-Ins For Other Format ada tanda peringatannya, berarti Anda perlu mendownload terlebih dahulu.

Untuk langkah – langkah pengaturan pada Ms. Word 2007, silahkan Anda baca artikel saya tentang cara mengatasi Microsoft Word tidak bisa convert ke PDF 

Selanjutnya jika semua sudah beres, ikuti step-step cara pembuatan PDF di bawah ini;

Pertama, setelah Anda selesai mengetikan sebuah dokumen di lembar kerja Ms. word, carilah menu File (letaknya di pojok bagian atas) lalu klik, maka akan terbuka tab pilihan.

Kurang lebih gambar seperti di atas.

Kedua, pilih Save bagi Anda yang baru membuat Dokumen yang belum tersimpan, dan pilih Save as bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah menyimpan Dokumen tersebut, setelah itu Anda akan di arahkan ke tempat di mana Anda akan menyimpan file PDF tersebut.

Sebelumnya klik menu Save as type, di tab menu tersebut pilih PDF (*.pdf ). Kurang lebih tampilannya sebagai berikut.


Sebelum mengklik tombol Save bawah, lakukan pengaturan atau pilih tombol Options, lakukan pengaturan page range sesuai keinginan Anda. langkah ini bisa juga dilewati.


Dan klik Ok, lalu tekan tombol Save maka Anda akan di alihkan ke halaman jendela baru atau hasil tampilan PDF yang telah tersimpan seperti gambar di bawah ini.


Selesai, sampai di sini Anda sudah sukses menjadikan lembar kerja Microsoft Word Anda menjadi file PDF.

Contoh gambar di atas hanyalah dokumen berupa ketikan satu baris biasa saja yang saya jadikan format PDF. sekian semoga dapat bermanfaat bagi Anda. terima kasih dan sampai jumpa.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

This Is The Newest Post
Comments