Sunday 3 March 2019

CARA MENGGABUNGKAN BANYAK DOKUMEN MS WORD MENJADI SATU

Artikel kali ini ialah membahas tentang penggabungan beberapa dokumen Ms Word menjadi satu dokumen dengan mudah.

Memiliki dokumen microsoft word yang bersifat satu paket tetapi terpisah menjadi beberapa bagian dokumen memang adakalanya membuat kita bingung saat akan menyeleksi print outnya atau mengirimnya. ada banyak alasan mengapa file tersebut terpecah menjadi beberapa dokumen. mungkin bisa saja sewaktu kita mendapatkan dokumen tersebut dari beberapa kiriman anggota atau teman kerja sehingga file tidak menjadi satu.

Langsung saja ke bagian tema pokoknya untuk menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu. langkah pertama yang harus dilakukan ialah menata urutannya sesuai yang kita inginkan dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri. tergantung penataan file kamu intinya file pertama adalah nama dokumen yang akan anda gabungkan.

Letakkan file yang akan dijadikan nama dokumen di posisi paling atas atau pertama seperti gambar berikut.


Dari contoh gambar tersebut saya ingin menjadikan file-docx pertama atau paling atas sebagai nama dokumen. selanjutnya buka file pertama tersebut. seperti gambar berikut. zoom level sengaja saya turunkan agar lembar kerja terlihat jumlah halaman aslinya.


Setelah itu sorot dan klik halaman paling akhir. contoh gambar di atas saya beri tanda panah atau intinya di area yang saya beri kotakan merah. selanjutnya klik tab menu Insert sebelah ribbon atas. kemudian klik icon kecil arah bawah di sebelah menu Object dan akan muncul dua pilihan. kita pilih menu Text From File karena kita akan menggabungkan dokumen dalam bentuk teks. jika kurang faham lihat contoh gambar dibawah ini.


Sampai disini dokumen sudah tergabung menjadi satu dengan nama mengikuti file paling atas atau yang pertama tadi. berikut contoh hasilnya.


Untuk file docx ke 2 s/d 4 masih utuh seperti awal mula dalam folder. tetapi untuk file docx pertama sudah berubah menjadi gabungan beberapa dokumen seperti gambar diatas. untuk artikel kali ini saya mencontohkan dokumen pribadi saya. selanjutnya anda praktikkan dengan file yang anda punya.

Sekian, semoga anda memahami apa yang saya sampaikan sehingga dapat melakukan seleksi data sesuai kebutuhan pekerjaan. terimakasih

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments