Wednesday 21 November 2018

CARA MENCARI DAN MEMPERBAIKI BANYAK KATA YANG SALAH PADA MS WORD

Membuat suatu dokumen berupa tulisan pada Microsoft Word memanglah butuh sebuah ketelitian. mulai dari kerapian kata ataupun ketepatan eja huruf. karena sekecil apapun kesalahan pasti bisa saja terlihat dari si pembaca meskipun hal tersebut sudah kita teliti dan antisipasi.

Untuk itu bagi anda yang gemar mengetik pada dokumen Ms Word. biasakanlah seseringkali setiap selesai membuat sebuah dokumen selalu melakukan kroscek pada huruf. karena hal seperti ini yang nantinya akan membuat anda lebih profesional kedepannya. ini hanya sedikit masukan dari saya.

Di bawah ini sudah saya siapkan cara mengatasi serta mengantisipasinya dengan mudah dan cepat agar dokumen yang kita buat memiliki nilai lebih di mata para pembaca ;

1. Lakukan Seleksi Ejaan Huruf

Cara semacam ini dilakukan agar tidak ada kesalahan huruf pada suatu kata. lakukan dengan menekan (Ctrl + F) pada keybuard. selanjutnya akan muncul sebuah kotak dialog isian atau menu Find yang menyuruh anda memasukkan huruf eja yang ingin di check / seleksi. berikut contoh gambar.


Di atas merupakan gambar cara saya mengoreksi ejaan kata dengan menu tab Find. lakukan hal tersebut setiap anda selesai membuat dokumen berupa ketikan di Ms Word.

Sebagai contoh di atas. saya mengetikkan (se) dan dari check tersebut saya menemukan kata yang salah (sebuat) yang benar seharusnya (sebuah). mungkin itu sebagai gambaran cara kerja dari menu Find.

2. Merubah Kata Otomatis (Replace)

Fungsi replace memang sama dengan Find. karena mereka satu kelompok group menu sama. yang membedakan hanyalah tambahan cara kerjanya.

Jikan pada (Find) kita hanya menyeleksi kata ejaan saja. akan tetapi pada menu Replace kita bisa menyeleksi sekaligus menambah dan merubah semua kata yang berhubungan dengan huruf yang kita masukkan di form menu replace. seperti contoh gambar dibawah ini.


Diatas merupakan gambar kata yang saya blok untuk di seleksi menggunakkan menu replace.

Setelah itu tekan (Ctrl + H) pada keyboard. maka akan muncul kotak dialog menu Replace. disitu terdapan 2 (dua) kolom isian ;

Yang pertama Find What : merupakan kata yang ingin kita seleksi. misal contoh saya menuliskan "Word" (tanpa tanda petik).

Dan pada kolom Replace White : perubahan kata. misalnya contoh saya mengetikkan "Office Word" (tanpa tanda petik). berarti saya ingin memberi tambahan kata "Office" (tanpa tanda petik) di depan setiap kata Word. jadi pengisian saya adalah kata Office Word.


Selanjutnya ;

Klik Find Next, jika anda ingin melihat letak kata yang terkait. dari contoh diatas saya memilih Replace All untuk menambahkan semua kata yang berhubungan. jadi hasilnya akan seperti gambar yang saya lingkari warna merah dibawah ini.


Pada contoh gambar diatas. kata Office akan secara otomatis ada di depan setiap kata Word.

Untuk contoh kasus lain. kita ingin merubah kata Ms menjadi Microsoft. pada contoh ini kita masih memakai contoh kata awal mula. dan langsung saja kita tekan (Ctrl + H) pada keyboard. setelah muncul kotak dialog. lalu isikan kolom isian seperti gambar dibawah ini.


Di sini kita akan mencoba merubah satu kata saja. berarti kita klik / pilih menu Replace. atau bisa juga Replace All jika ingin perubahan semua kata yang berhubungan. hasilnya akan seperti di bawah.


Contoh gambar diatas saya hanya melakukan Replace satu kata saja. lingkaran garis merah adalah hasilnya.

Baca Juga : Cara Simpel Membuat Bagan Struktur Organisasi Di Ms Word

Sampai disini. mungkin itu saja yang bisa saya bagi kali ini. semoga apa yang telah saya tulis diatas dapat membantu anda dalam pembuatan sebuah dokumen di Ms Word.

Sekian dan sukses selalu.

Blogger yang suka ketiduran diatas keyboard

Comments